Friday, April 5, 2013

Lawang Sewu, wisata sejarah atau Mistis?

Gak Terasa sudah lebih dari 1 bulan semenjak gw balik dari wisata di Semarang sekitar bulan Maret lalu. awalnya gw ga ada niat bahkan gak pernah tau kalo ada wisata namanya Lawang Sewu karena dari list wisata yang sudah gw buat dan 'rencananya' bakal gw kunjungin selama gw di Semarang sebelum akhirnya berangkat ke Jepara itu ga ada tempat Lawang Sewu yg masuk list gw. Tapi apa daya, berhubung wisata ini bukan hanya tmn2 gw aja yang ikut tetapi lebih banyak temen cowonya temen gw ya sudah gw manut aja, lagiankan ga enak kalau gw memaksakan kehendak gw sendiri. Yo wes lah gw juga ga kecewa kok kalo smua daftar list wista gw ga ada satupun yang berhasil gw kunjungi selama gw di Semarang kemarin, mungkin Tuhan masih siapkan waktu lagi buat gw kesana(tp bukan ke Lawang Sewu ya).


Saat gw dan tmn2 gw baru sampe (Yesi, Reni dan Era) di bandara, kita sudah di tunggu oleh 8 temennya Yesi yang sudah lebih dulu sampai di depan Lawang Sewu karena mereka naik kereta malam sebelumnya. Sudahlah kita kenalan dulu dong ya, ga enak gitu kan 1 rombongan wisata tapi nama aja gak kenal. Sebagai Info saja untuk masuk ke Lawang Sewu, kita dikenakan biaya Rp.10.000 dan itu sudah termasuk pemandu yang akan ngajak kita berkeliling Lawang Sewu. Sebagai permulaan seperti biasa lah ya di tempat2 wisata lainnya, kita dijelaskan terlebih dahulu asal muasal Lawang Sewu dan seinget gw aja dari penjelasan sang pemandu itu, Lawang Sewu dulunya adalah Kantor Pusat Kereta Api Semarang namun 'mungkin' karena usia gedung ini yang sudah tua makanya gedung ini sudah sewajarnya di jadikan Museum saja, apalagi gedung ini dulunya adalah Markas penjajahan dahulu. Mau liat expresi kita saat sang pemandu menjelaskan sejarah lawang sewu??, yuk intip. hehehehe


Setelah kita mendengarkan penjelasan dari Pemandunya, kita di ajak berkeliling lawang sewu yang dimulai dari lantai dasar, di lantai ini banyak ruangan yang besar-besar dan tiap ruangan memiliki pintu untuk menghubungkan ruangan 1 dengan ruangan yang lain,gambar di bawah ini gw ambil pas dilantai dasar...



   



Dilantai ini juga terdapat wastafle yang sudah tidak terpakai lagi dan pipa wastafle ini mengarah ke penjara bawah tanah loh(info ini gw dapat setelah gw dijelaskan sama pemandunya saat gw berada di penjara bawah tanah), mau lihat bentuk wastaflenya?? nih gw kasih hehehehe....



setelah dari lantai dasar, kami diajak untuk naik 1 tingkat ke atas dan disini ada 1 ruangan toilet yang katanya itu kalau malam suka muncul sosok wanita lowh.. ishhh serem, tp berhubung gw kesananya pagi-pagi jadi gw kg takut tuh masuk kesana, lagian gw bareng 11 tmn gw(rombongan ini skg dah jadi temen gw lowh ehhehehe) +1 pemandu dan juga masih pagi, Hantunya pasti lagi tidur atau takut kena sinar matahari(korban film mistis ni). untuk lokasi ini, gw juga dapat gambarnya tp objeknya bukan gw melainkan tmn2nya yesi, Silakan dilihat....


Setelah kita berkeliling lantai dasar terus lantai 2, kemudian kami diajak untuk naik 1 lantai lagi ke atas dan untuk naik ke lantai ini terdapat tangga yang menurut gw cukup curam saat kita mau turun karena tangganya ga ada pegangannya, dilantai ini sepertinya pernah dipakai untuk bermain futsal karena di lantainya tergores garis putih berpola. Selain itu, gw juga bingung deh, ini tempat aslinya dipake untuk keperluan apa ya??!! kalo kata temen gw sih kayak tempat pemujaan gtu.whatever lah itu urusan mereka mau dipake buat ngedance kek, mau dipake buat jungkir balik hehehehe. di tempat ini gw juga melakukan  pemotretan 1 rombongan sekaligus tapi tanpa Rey karena dy yang ambil gambar kita, Silakan dilihat dan dipilih siapa yang paling Kece(Pasti gw kan??!!!! hahahaha)....



Setelah selesai berkeliling lawang sewu, kita istirahat dulu lah ya untuk minum-minum sebentar, terus pemandunya menawarkan kepada kita mau gak untuk coba uji nyali di ruang penjara bawah tanah dan lu tau gak sih yang paling semangat untuk turun adalah cowonya Yesi yaitu Aldo, dari 6 cowo yang ada dirombongan gw, hanya 1 org yang gak mau turun dan cewenya hampir semua gak mau turun tapi gw beda sendiri malah kepingin turun tapi gw agak ragu untuk turun sendiri jadi gw rayulah temen gw si Reni untuk ikut turun dan dy ternyata mau. Sayang banget kali ya udah jauh-jauh dari jakarta dan udah mampir ke Lawang sewu tapi gak sekalian coba masuk ke penjarah bawah tanah yang terkenal 'Angker' itu. Oh iya cerita 1 cowo yang takut turun itu namanya Pice, dan akibat rayuan dan ceng-an dari semua temannya dengan kata begini nih ' yah lu malu dong ma tato dimana2 tapi takut ke bawah, udah ikut aja, nti lu jalan di dekat pemandunya aja'. hahahaha akhirnya dy mau sodara2 untuk turun. Sebagai info aja kalau di penjarah bawah tanah itu tergenang air makanya kita diwajibkan memakai sepatu boat yang sudah disediakan tapi gak gratis melainkan kita harus bayar Rp10.000 dan kita sudah dikasih pinjam senter lowh, ehmm lumayan mahal juga ya, ini nih gambar saat kita berada di penjara bawah tanah....





kalau dilihat dari gambarnya, kalian pasti pikir itu tempat terang menderang ya?, dugaan kalian salah loh karena kemarin itu kami pake senter sebagai penerangan + blitz dari kamera Rey makanya hasil fotonya terlihat terang,  gambar diatas yang posisinya kita lagi so'k' serius dengar penjelasan dari pemandunya adalah tempat dimana tahanan yang habis dipenggal ditaro disana dan nantinya dari atas diambil oleh petugas penjara untuk di buang ke sungai yang didekat lawang sewu. Tempat ini kalau dilihat dari luar seperti tempat sampah biasa karena lubang yang dipakai untuk membuang mayat tersebut ditutup dari sisi bawah(fyi: jadi tempat ini memiliki 2 lobang yaitu 1 lobang yang bisa dibuka tutup dari bawah penjara dan 1 lobang yang terlihat dari luar penjara). jahat banget ya tindakan penjajahan dulu, ehm tapi di jaman sekarang yang jahat bukan hanya penjajah, orang indo sendiri malah lebih kejam dari penjajah lowh.

Diakhir perjalanan kami keliling penjarah bawah tanah, kami disuruh berhenti dan duduk diantara 2 pipa besar yang saling berhadapan, pipa ini terbuat dari besi berdiameter besar, jadi kami duduk 4 di kiri dan 4 dikanan sedangkan pemandunya berdiri di tengah tapi di paling kanan gw, kemudian dy meminta kita untuk mematikan semua pencahayaan seperti senter dan lampu kamera Rey. ada yang tau maksud dy itu apa??

teneng toneng....

Ya dy ingin menunjukan kepada kita sosok makhluk halus berwarna putih yang jika kita terus melihat ke arah lorong yang disebelah kiri gw maka sosok itu lama kelaman akan makin mendekat, Lo smua tau ekspresi gw??gw semangat 45 ga mau kalah dong mau liat juga dan gw  berusaha clingak clinguk ke arah kiri tapi gw koq kaga liat apa2 ya?!, eh ternyata gw kealingan kepala n badan temen2 gw, mungkin karena posisi gw paling ujung kali yah kz temen gw si reni yang duduk dikiri gw katanya ngeliat. Trus saat kita lagi asik nengok ke kiri, si Reni celetuk 'mas masnya mana ya, kok ga ada suaranya?', nah gw langsung spontan takut dong secara gw paling deket posisinya sama mas2nya (gw jd lebih histeris sama masnya ketimbang penampakan itu), weiits gw langsung diri n triak2, hahahahhaa. yawdh deh tmn gw yg pegang senter langsung nyari mas2nya itu dan lu tau gak sih expresi tuh guide-nya datar gtu tanpa cengar cengir atau apa kek, eh malah suruh kita matiin smua pencahayaan biar fokus lagi liat tuh penampakan. Gw punya argumen jgn2 guide-nya yang manggil tuh penampakan ya. Ehmm tapi tak apalah karena gw juga kaga liat jadi gw aman dong. qiqiqiqiq.

Oh ya kita juga foto2 disini lowh, tapi sayang sekali si Rey gak ikut krn mas-nya gaptek sih ga bisa pake kamera SLR Rey jd si Rey mesti turun tangan buat motoin model2 cantik dan kece ini. Yuk liat fotonya.



Okey dan dibawah ini kumpulan foto2 cewe2 manies dan imoet(PD abis dewh).







Iam very lucky for this trip, thx you all. Hope we'll trip together again in this year.

1 comment: