Tuesday, March 29, 2011

Kinerja Komputasi Dengan Parallel Processing

Sebelum kita membahas bagaimana kinerja komputasi dengan menggunakan parallel processing, lebih dulu kita coba memahami apa itu parallel Processing (Pemrosesan Paralel). Parallel processing merupakan penggunaan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan yang artinya membuat sebuah program berjalan lebih cepat karena CPU yang digunakan banyak. Namun pada penerapannya sangat sulit membagi sebuah proses program kedalam CPU yang berbeda-beda tanpa memiliki keterkaitan diantaranya.

Selanjutnya kita coba pahamin apa itu komputasi Paralel, Komputasi paralel merupakan salah satu teknik untuk melakukan pemprosesan data(komputasi) dengan memanfaatkan beberapa komputer dalam waktu bersamaan. Teknik ini dipakai jika sedang mengolah data dalam jumlah besar dan waktu yang diberikan untuk memproses data tersebut singkat.
Untuk menjalankan teknik ini, diperlukan infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer,dimana untuk menghubungkannya menggunakan sebuah jaringan dan aneka perangkat lunak (middleware) yang berfungsi untuk mengatur distribusi tugas kepada masing-masing mesin paralel, Selain itu pemakai juga harus membuat sebuah pemrograman paralel untuk merealisasikan(implementasi) komputasi.

Harus kita perhatikan bahwa parallel processing dengan Multitasking merupakan 2 hal yang berbeda. Dimana pada multitasking, sebuah CPU dapat melakukan banyak tugas pada waktu yang bersamaan. sedangkan Parallel Processing sesuai dengan penjelasan saya diatas tadi.
Contoh dari parallel Processing

Paralel Processing Computation adalah proses atau pekerjaan komputasi di komputer dengan memakai suatu bahasa pemrograman yang dijalankan secara paralel pada saat bersamaan. Dimana tujuannya adalah meningkatkan kecepatan komputasi agar cepat selesai.
Berikut ini perbedaan Single processing Computing dengan Parallel Processing Computing:


Dari Penjelasan saya diatas, kita sudah dapat memahami bagaimana kinerja Komputasi yang menggunakan Parallel processing yaitu waktu yang diperlukan untuk memproses sekumpulan data yang sangat besar dapat dilakukan dengan waktu yang lebih singkat karena pemprosesan tersebut dipecah-pecah kedalam sejumlah CPU untuk diselesaikan. Contoh dari penggunaan Komputasi paralel prosesing adalah perkiraan cuaca yang didasarkan oleh beberapa faktor.

No comments:

Post a Comment