Wednesday, December 1, 2010

Kuis Jaringan Komputer Materi: SONET

Jawaban
1. Komunikasi Broadband adalah suatu komunikais data yang memiliki kecepatan dan kapasitas yang tinggi. Rentang kecepatan dari broadband berkisar antara 128kbps hingga 100Mbps. Untuk dapat menggunakan komunikasi broadband ini, beberapa teknologi Broadband yang dapat kita gunakan adalah DSL, Modem, Ethernet, W-LAN, V-SAT, Wireless Access serta Fiber Optic. Penggunaan komunikasi broadband saat ini tidak terlepas dari beberapa faktor, diantaranya:
-Akses yang cepat untuk mendapatkan informasi karena rentang kecepatannya yang memungkinkan hal ini terjadi.
-Broadband dilihar sebagi infrakstruktur penting untuk mencapai tujuan dibidang sosio-ekonomi(hal ini terlihat dari semakin banyaknya pihak yang melakukan usahanya melalui jasa internet).
2. Keuntungan Sonet(Synchronous Optical NEtwork)
Memberikan funsionalitas yang bagus, baik bagi jaringan kecil, menengah hingga jaringan yang kompleks,karena:
-Collector rings menyediakan interface keseluruhan aplikais,termasuk local office,PABX,access multiplexer,BTS dan terminal ATM.
-Manajemen Bandwidth berfungsi untuk proses routing dan manajemen trafik
-Jaringan backbone berfungsi menyediakan konektifitas untuk jaringan jarak jauh.
3. Prinsip Kerja ATM
Pada ATM, informasi dikirimkan dalam blok data dengan panjang tetap yang disebut Sel. Sel merupakan unit dari Switching dan Transmisi. Untuk mendukung layanan dengan rate yang beragam maka dikirimkan sel dengan jumlah yang sesuai dengan rate-nya pada selang waktu tertentu. Setiap sel terdiri dari header yang berisi label yang melambangkan informasi jaringan seperti addressing dan routing serta field yang berisi informasi pemakai. Informasi yang terdapat dalam field tersebut dikirimkan oleh jaringan ATM dengan transparan tanpa adanya proses yang diberikan oleh jaringan. Selain itu, urutan dari sel yang yang dikirimkan dijaga oleh jaringan agar se yang diterima sesuai urutannya seperti saat belum dikirim.

4.DSL (Digital Subscriber Line) merupakan satu set teknologi yang menyediakan penghantar data digital melewtai kabel yang digunakan dalam jarak dekat dari jaringan telepon setempat. Biasanya kecepatan download daeri DSL berkisar dari 128kbps sampai 24Mbps, tergantung dari teknologi DSL tersebut. Kecepatan upload untuk ADSL lebih rendah dibanding download, sedangkan untuk SDSL memiliki kecepatan yang sama untuk upload dan download.

No comments:

Post a Comment