Saturday, January 22, 2011

E-Ticketing dalam bisnis penerbangan

Tema artikel kali ini sebenarnya adalah "Bisnis dalam bidang Teknologi Informasi". Yang menjadi fokus aku adalah penggunaan Teknologi Informasi dalam bidang penerbangan yang kalau dikhususkan lagi menjadi penggunaan Sistem E-Ticketing dalam bisnis Penerbangan.

Dalam beberapa tahun terakhir ini sudah banyak maskapai penerbangan airlines yang bermunculan di Indonesia seperti Garuda Airlines, Mandala Airlines, Lion Air, Sriwijaya Air dan masih banyak maskapai lainnya. Semua maskapai penerbangan saling bersaing bukan hanya dari segi aspek kesedian Pesawat yang bermutu saja, melainkan Pelayan yang disediakan untuk konsumen. Salah satu Pelayanan yang ditawarkan adalah penggunaan E-Ticketing( Electronic Ticket), E-Ticketing merupakan Aplikasi Layanan pembelian tiket yang dilakukan dengan menggunakan jalur komunikasi Internet. Aplikasi ini jelas merupakan karya dari perkembangan Teknologi Informasi. Untuk dapat membuat Aplikasi ini, kita bisa memilih bahasa pemrograman yang berbasis Internet seperti PHP, ASP, Java Applet (harus diperhatikan bahwa ASP merupakan keluaran dari Microsoft sehingga bersifat Not Free dan harus memiliki lisence jika ingin memakai bahasa ini).
Berikut ini,,skema logika dari sistem E-Ticketing (Silakan simak jika kalian tertarik dengan sistem ini ^_^)

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi maskapai yang ingin menggunakan sistem E-Ticketing ini yaitu, terjaminnya keamanan data yang dimasukan oleh konsumen saat proses pembelian secara On-Line seperti No kartu kredit, Password dan sebagainya yang memiliki peluang untuk di curi oleh "Orang jail". Hal seperti ini bisa kita gunakan sebuah sistem kriptografi yang memiliki kunci Private atau FireWall.

Dengan adanya sistem ini banyak sekali kemudahan yang diperoleh bagi calon Passanger,Diataranya:
  • Pembeli terhindar dari Calo yang suka meresahkan konsumen karena biasanya calo suka menaikan harga tiket sangat tinggi sekali.
  • Pembeli tidak harus mengantri untuk membeli tiket, Anda hanya perlu Online di depan Laptop anda untuk memesan Tiket yang anda mau.
  • Harga yang dibayarkan sesuai dengan yang dikeluarkan oleh pihak maskapai.
akhir kata, aku ucapkan terima kasih karena sudah mau membaca artikel ini..

GOD Bless Us ^_^

NB:Untuk menghindari pelanggaran hak cipta, gambar yang aku tampilkan pada artikel ini diambil dari situs moxa.com

No comments:

Post a Comment