Wednesday, April 20, 2011

Bio-Informatika

BioInformatika berasal dari 2 kata yaitu Bio yang berarti Biologi yang mengarah ke hal-hal biologis penyejajaran sekuens (sequence alignment), prediksi struktur untuk meramalkan bentuk struktur protein maupun struktur sekunder RNA, analisis filogenetik, dan analisis ekspresi gen dan Informatika yang berarti ilmu mengenai komputasi Jadi jika digabung, Bio-Informatika berarti penerapan teknik komputasional untuk mengelola dan menganalisis informasi biologi. Ilmu ini mencakup penerapan metode-metode matematika,statistika, dan informatika untuk memecahkan masalah-masalah biologis, terutama dengan menggunakan sekuens DNA dan asam amino serta informasi yang berkaitan dengannya.

Sejarah

Istilah bioinformatics mulai dikemukakan pada pertengahan era 1980-an untuk mengacu pada penerapan komputer dalam biologi. Namun demikian, penerapan bidang-bidang dalam bioinformatika (seperti pembuatan basis data dan pengembangan algoritma untuk analisis sekuens biologis) sudah dilakukan sejak tahun 1960-an.

Kemajuan teknik biologi molekular dalam mengungkap sekuens biologis dari protein (sejak awal 1950-an) dan asam nukleat (sejak 1960-an) mengawali perkembangan basis data dan teknik analisis sekuens biologis. Basis data sekuens protein mulai dikembangkan pada tahun 1960-an di Amerika, sementara basis data sekuens DNA dikembangkan pada akhir 1970-an di Amerika Serikat dan Jerman(pada European Molecular Biology Laboratory, Laboratorium Biologi Molekular Eropa). Penemuan teknik sekuensial DNA yang lebih cepat pada pertengahan 1970-an menjadi landasan terjadinya ledakan jumlah sekuens DNA yang berhasil diungkapkan pada 1980-an dan 1990-an, menjadi salah satu pembuka jalan bagi proyek-proyek pengungkapan genom, meningkatkan kebutuhan akan pengelolaan dan analisis sekuens, dan pada akhirnya menyebabkan lahirnya bioinformatika.

Perkembangan Internet juga mendukung berkembangnya bioinformatika. Basis data bioinformatika yang terhubung melalui Internet memudahkan ilmuwan mengumpulkan hasil sekuensing ke dalam basis data tersebut maupun memperoleh sekuens biologis sebagai bahan analisis. Selain itu, penyebaran program-program aplikasi bioinformatika melalui Internet memudahkan ilmuwan mengakses program-program tersebut dan kemudian memudahkan pengembangannya.

Bagaimana Penerapannya??

Penyejajaran sekuens : Adalah proses penyusunan atau pengaturan dua atau lebih sekuens sehingga persamaan sekuens-sekuens tersebut tampak nyata. Hasil dari proses tersebut juga disebut sequence alignment atau alignment saja. Baris sekuens dalam suatu alignment diberi sisipan (tanda -) sedemikian rupa sehingga kolom-kolomnya memuat karakter yang identik atau sama di antara sekuens-sekuens tersebut.

Basis Data sekuens biologis : Sesuai dengan jenis informasi yang disimpannya, basis data sekuens biologis dapat berupa basis data primer untuk menyimpan sekuens primer asam nukleat maupun protein. basis data sekunder untuk menyimpan motif sekuens protein, dan basis data struktur untuk menyimpan data struktur protein maupun asam nukleat.

Prediksi struktur protein : Secara kimia/fisika, bentuk struktur protein diungkap dengan kristalografi sinar-X ataupun spektroskopi NMR, namun kedua metode tersebut sangat memakan waktu dan relatif mahal. Sementara itu, metode sekuensing protein relatif lebih mudah mengungkapkan sekuens asam amino protein. Prediksi struktur protein berusaha meramalkan struktur tiga dimensi protein berdasarkan sekuens asam aminonya (dengan kata lain, meramalkan struktur tersier dan struktur sekunder berdasarkan struktur primer protein). Secara umum, metode prediksi struktur protein yang ada saat ini dapat dikategorikan ke dalam dua kelompok, yaitu metode pemodelan protein komparatif dan metode pemodelan de novo

Analisa Ekspresi Gen : Ekpresi gen dapat ditentukan dengan mengukur kadar mRNA dengan berbagai macam teknik (misalnya dengan microarray ataupun Analisis Serial Ekspresi Gen. Teknik-teknik tersebut umumnya diterapkan pada analisis ekspresi gen skala besar yang mengukur ekspresi banyak gen (bahkan genom) dan menghasilkan data skala besar. Metode-metode penggalian data (data mining) diterapkan pada data tersebut untuk memperoleh pola-pola informatif. Sebagai contoh, metode-metode komparasi digunakan untuk membandingkan ekspresi di antara gen-gen, sementara metode-metode klastering (clustering) digunakan untuk mempartisi data tersebut berdasarkan kesamaan ekspresi gen

Tuesday, March 29, 2011

Kinerja Komputasi Dengan Parallel Processing

Sebelum kita membahas bagaimana kinerja komputasi dengan menggunakan parallel processing, lebih dulu kita coba memahami apa itu parallel Processing (Pemrosesan Paralel). Parallel processing merupakan penggunaan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan yang artinya membuat sebuah program berjalan lebih cepat karena CPU yang digunakan banyak. Namun pada penerapannya sangat sulit membagi sebuah proses program kedalam CPU yang berbeda-beda tanpa memiliki keterkaitan diantaranya.

Selanjutnya kita coba pahamin apa itu komputasi Paralel, Komputasi paralel merupakan salah satu teknik untuk melakukan pemprosesan data(komputasi) dengan memanfaatkan beberapa komputer dalam waktu bersamaan. Teknik ini dipakai jika sedang mengolah data dalam jumlah besar dan waktu yang diberikan untuk memproses data tersebut singkat.
Untuk menjalankan teknik ini, diperlukan infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer,dimana untuk menghubungkannya menggunakan sebuah jaringan dan aneka perangkat lunak (middleware) yang berfungsi untuk mengatur distribusi tugas kepada masing-masing mesin paralel, Selain itu pemakai juga harus membuat sebuah pemrograman paralel untuk merealisasikan(implementasi) komputasi.

Harus kita perhatikan bahwa parallel processing dengan Multitasking merupakan 2 hal yang berbeda. Dimana pada multitasking, sebuah CPU dapat melakukan banyak tugas pada waktu yang bersamaan. sedangkan Parallel Processing sesuai dengan penjelasan saya diatas tadi.
Contoh dari parallel Processing

Paralel Processing Computation adalah proses atau pekerjaan komputasi di komputer dengan memakai suatu bahasa pemrograman yang dijalankan secara paralel pada saat bersamaan. Dimana tujuannya adalah meningkatkan kecepatan komputasi agar cepat selesai.
Berikut ini perbedaan Single processing Computing dengan Parallel Processing Computing:


Dari Penjelasan saya diatas, kita sudah dapat memahami bagaimana kinerja Komputasi yang menggunakan Parallel processing yaitu waktu yang diperlukan untuk memproses sekumpulan data yang sangat besar dapat dilakukan dengan waktu yang lebih singkat karena pemprosesan tersebut dipecah-pecah kedalam sejumlah CPU untuk diselesaikan. Contoh dari penggunaan Komputasi paralel prosesing adalah perkiraan cuaca yang didasarkan oleh beberapa faktor.

Friday, March 4, 2011

Komputasi Modern

"Komputer" pertama kali digunakan pada tahun 1613 yang mengacu kepada seseorang yang melakukan perhitungan hingga pertengahan abad ke-20, namun seiringnya waktu,kata tersebut berubah makna yang menggambarkan sebuah mesin yang melakukan perhitungan.
Sejarah Komputasi Modern dimulai dengan dua teknologi yang terpisah yaitu perhitungan otomatis dan pemrograman dan mesin yang menerapkan perhitungan pertama kali dikenal dengan sebutan mesin Von Neumann,
Pada pertengahan abad ke-20, penggunaan komputasi ilmiah semakin tinggi yang dibarengi dengan semakin canggih komputer analog pada saat itu yang sudah menggunakan mekanis sebagai dasar perhitungannya, Namun sayang karena hal ini tidak dapat diprogram dan tidak memiliki keakuratan dan fleksibilitas.

Latar belakang terciptanya sebuah komputasi modern adalah semakin kompleksnya perhitungan yang dilakukan, seperti banyaknya digit yang dipakai serta kerumitan dalam proses perhitungannya. Yang menjadi penggagas utama munculnya Komputasi Modern ini ialah John von Neumann(1903-1957) yang merupakan seorang ilmuan asal Hungaria yang berkecimbung di bidang matematika,teori kuantum, game theory,fisika nuklir dan ilmu komputer. Ide munculnya Komputasi Modern karena pada saat itu Bapak Neumann menemukan kesulitan dalam menyelesaikan persamaan diferensial parsila nonlinier yang digunakan dan karna posisi beliau pada saat itu sebagai konsultan pada pengembangan ENIAC, maka Beliau merancang sebuah konsep arsitektur komputer yang masih dipakai sampai saat ini, Arsitektur tersebut bernama Von Neumann yang merupakan komputer program yang tersimpan dengan pengendali pusat, I/O dan memori.

Komputasi merupakan sebuah istilah yang berarti cara menemukan pemecahan masalah dari suatu data input dengan menggunakan sebuah algoritma. Pada berabad-abad dahulu, perhitungan dan komputasi dilakukan dengan menggunakan pensil dan kertas namun di zaman sekarang ini, komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.

ada 2 model komputasi:
1. Mesin Mearly
Merupakan otomasi fase berhingga yang menghasilkan keluaran berdasarkan fase saat itu dan pada bagian masukan atau input. Dalam hal ini Diagram Fase(State Diagram) dari mesin Mealy memiliki sinyal masukan dan sinyal keluaran untuk tiap transisi.
2. Mesin Moore
Merupakan otomasi fase berhingga dimana keluarannya hanya ditentukan oleh fase saat itu(dan tidak terpengaruh oleh bagian masukan atau input).Sinyal Moore hanya memiliki sinyal keluaran untuk masing-masing fase.


NB:
gambar diambil dari google picture.

Link:

Tuesday, January 25, 2011

Dampak Euphoria AFF dalam bid.Informatika

Hallo untuk semua yg sudah mau baca artikel ini,,sebenernya judul artikel ini tuh "Dampak Euphoria AFF bagi perekonomian indonesia dalam bidang informatika" panjang bgt ya??justru itu aku singkat.
pagelaran piala AFF yang membuat rakyat indonesia seolah-olah bersatu untuk mendukung TimNas indonesia selama acara AFF ini tidak bisa kita pungkiri itu sangat luar biasa.
basa basinya udah cukup ya...
sekarang kita bahas apakah memang ada dampak perekonomian dari segi informatikanya dalam pertandingan AFF ini..
kalau ditelusuri sih pasti ada koq dampaknya,berikut ini beberapa dampak tersebut:
  1. Perkembangan IT kan sudah jago banget tuh, jadi sekarang kita gak perlu beli tiket sampe mengateri gitu,karena sudah ada aplikasi untuk membuat sistem E-Ticketing,, nah pembuatan program ini kan butuh orang,, jadi Developer IT bisa memperoleh JOB tambahan dari pembuatan Aplikasi ini..
  2. Pembuatan WEB untuk mempromosikan tempat penginapan bagi penonton domestik maupun mancanagera jg membutuhkan seorang IT untuk membuatnya..jadi si Developer IT dapat tambahan JOB lagi deh.
  3. Pembelian tiket pesawat pun menjadi keuntungan tersendiri bagi bangsa kita.
Sekarang sudah tau kan dampak yang ditimbulkan,, secara keseluruhan sih hampir sama yaitu penggunaan Dunia internet yang kita bahas disini..
Thx b4 for reads this article


NB:tanpa mengurangi hak cipta,gambar yang aku pakai di artike ini diambil dari teknik-informatika.blogspot.com (Terima Kasih)

Saturday, January 22, 2011

E-Ticketing dalam bisnis penerbangan

Tema artikel kali ini sebenarnya adalah "Bisnis dalam bidang Teknologi Informasi". Yang menjadi fokus aku adalah penggunaan Teknologi Informasi dalam bidang penerbangan yang kalau dikhususkan lagi menjadi penggunaan Sistem E-Ticketing dalam bisnis Penerbangan.

Dalam beberapa tahun terakhir ini sudah banyak maskapai penerbangan airlines yang bermunculan di Indonesia seperti Garuda Airlines, Mandala Airlines, Lion Air, Sriwijaya Air dan masih banyak maskapai lainnya. Semua maskapai penerbangan saling bersaing bukan hanya dari segi aspek kesedian Pesawat yang bermutu saja, melainkan Pelayan yang disediakan untuk konsumen. Salah satu Pelayanan yang ditawarkan adalah penggunaan E-Ticketing( Electronic Ticket), E-Ticketing merupakan Aplikasi Layanan pembelian tiket yang dilakukan dengan menggunakan jalur komunikasi Internet. Aplikasi ini jelas merupakan karya dari perkembangan Teknologi Informasi. Untuk dapat membuat Aplikasi ini, kita bisa memilih bahasa pemrograman yang berbasis Internet seperti PHP, ASP, Java Applet (harus diperhatikan bahwa ASP merupakan keluaran dari Microsoft sehingga bersifat Not Free dan harus memiliki lisence jika ingin memakai bahasa ini).
Berikut ini,,skema logika dari sistem E-Ticketing (Silakan simak jika kalian tertarik dengan sistem ini ^_^)

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi maskapai yang ingin menggunakan sistem E-Ticketing ini yaitu, terjaminnya keamanan data yang dimasukan oleh konsumen saat proses pembelian secara On-Line seperti No kartu kredit, Password dan sebagainya yang memiliki peluang untuk di curi oleh "Orang jail". Hal seperti ini bisa kita gunakan sebuah sistem kriptografi yang memiliki kunci Private atau FireWall.

Dengan adanya sistem ini banyak sekali kemudahan yang diperoleh bagi calon Passanger,Diataranya:
  • Pembeli terhindar dari Calo yang suka meresahkan konsumen karena biasanya calo suka menaikan harga tiket sangat tinggi sekali.
  • Pembeli tidak harus mengantri untuk membeli tiket, Anda hanya perlu Online di depan Laptop anda untuk memesan Tiket yang anda mau.
  • Harga yang dibayarkan sesuai dengan yang dikeluarkan oleh pihak maskapai.
akhir kata, aku ucapkan terima kasih karena sudah mau membaca artikel ini..

GOD Bless Us ^_^

NB:Untuk menghindari pelanggaran hak cipta, gambar yang aku tampilkan pada artikel ini diambil dari situs moxa.com

Saturday, January 15, 2011

Pengaruh TI dalam Perkembangan Bisnis Nusantara

TI(Teknologi Informasi) merupakan satu dari sekian banyak hal yang dibutuhkan dalam perkembangan Bisnis Di Dunia tanpa terkecuali Indonesia,bahkan kita dapat menyebutnya sebagai penyokok bagi Perkembangan dunia bisnis saat ini. Coba saja kita lihat, dimana-mana sudah menggunakan IT dalam memproses kegiatan bisnisnya. Hal itu jelas saja karena IT memberikan kemudahan bagi para pebisnis untuk melakukan kegiatan Bisnisnya. Sebenarnya Artikel ini berhubungan dengan Artikel yang sudah aku Posting sebelumnya yang berjudul Untung ada E-commerce(Artikel ini dibaca juga ya ^_^).
Alasan Perusahaan menerapkan IT dalam Perusahaannya adalah agar semakin dekat dengan konsumen karena kemampuan TI untuk mendekatkan jarak dan waktu sehingga semakin mendekatkan produk perusahaan pada konsumen. Hal ini membuat bisnis di Indonesia semakin berkembang. Kita bisa membayangkan perusahaan yang tidak menerapkan TI hanya akan menunggu hari dimana perusahaan tersebut bangkrut.
Terdapat 2 faktor yang mempengaruhi Perkembangan Bisnis yaitu:
  • Kompleksitas bisnis yang semakin meningkat
- Pengaruh ekonomi Internasional
- Kompetisi bisnis global
- Pekembangan dan pertumbuhan TI
- Pendayagunaan waktu
- Pertimbangan Sosial
  • Kapasitas Teknologi Informasi
- Kapasitas Pelayanan Kebutuhan Informasi
- Kapasitas Interaksi dalam jaringan komputer
- Kapasitas Kecepatan Akses Data
Penerapan beberapa Teknologi berupa CAM, CIM, CAD, JIT menggambarkan pemanfaatan TI vagi setiap perusahaan dalam kompetisi bisnis di era informasi melalui upaya untuk cara berkompetisi didunia industri sehingga membawa dampak terhadap pola pengelolaan perusahaan secara totalitas.


Selesai juga ARtikel ini
semoga bermanfaat untuk kalian yang membutuhkan ^_^

Untung Ada E-Commerce


Sebelum kita mengetahui apa aja manfaat dari munculnya E-Commerce, mari kita lihat dulu asal muasal berkembangnya E-Commerce,
E-Commerce merupakan bagian dari E-Business jadi sebuah perusahaan yang sudah menerapkan E-Business pastilah perusahaan tersebut juga menggunakan E-Commerce sebagai media untuk penjualan produknya. E-Commerce pertama kali diperkenalkan sekitar tahun 1994 pada saat pertama kali iklan elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan disuatu halaaman-web(website).
Pada awalnya E-Commerce digunakan untuk memanfaatkan transaksi komersial seperti penggunaan Electronic Data Interchange(EDI) untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.... Kemudian berkembang menjadi suatu aktivitas dengan istilah tepatnya "perdagangan web",pembelian barang dan jasa melalui WWW melalui server aman(HTTPS),Protokol server khusus yang menggunakan sistem enkripsi untuk melindungi data pelanggan terhadap "tangan-tangan jahil".
Adanya Sistem E-Commerce ini, memberikan manfaat yang banyak bagi pengguna bisnis online yaitu:
  1. Meningkatkan Pendapatan karena yang membeli produk,bukan hanya pada 1 lokasi saja namun semua orang dimungkinkan untuk membeli barang kita,
  2. Biaya Promosi yang relatif murah karena kita tidak perlu menempelkan nama dan lokasi toko kita pada sebuah kertas dan kemudian menyebarkannya kepelosok tempat, kita hanya perlu mendaftarkan situs E-Commerce kita ke layanan Search Engine agar mudah dicari oleh calon pembeli,
  3. Tidak harus memiliki sebuah Toko yang secara Fisik ada(berupa gedung),Proses pedagangan dapat kita lakukan hanya pada 1 kamar saja. Hal ini jelas memberikan keuntungan karena kita tidak perlu memerlukan modal untuk membangun gedung atau Toko kita.
  4. Mengurangi kesalahan yang disebabkan oleh Human Error.
  5. dan berbagai keuntungan lainnya.
namun terdapat faktor kunci kesuksesan sebuah perusahaan yang tidak hanya mengandalkan produk yang dijualnya namun juga Manajemen Tim yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus,struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs Web yang menarik lah yang membuat sebuah perusahaan E-Commerce tetap Bertahan lama.

Akhir'a Artikel ini selesai juga,,
Thx buat yang sudah membaca'a..
Jesus Bless Us Forever