Sunday, October 31, 2010

CIM (Corporate Information Management)

Pada saat Informasi dipandang menjadi suatu sumber daya yang sangat penting, apalagi untuk sebuah perusahaan besar. Sumber daya informasi mencakup perangkat keras, fasilitas, perangkat lunak, database,spesialis informasi, informasi dan pemakai. Sumber daya yang ditempatkan pada jasa informasi dikelola oleh CIO(Chief Information Officer). Oleh karena itu sebuah perusahaan harus memiliki sebuah manajement yang dapat mengatur informasi yang dimilikinya, agar dapat membedakan apakah informasi tersebut dapat dikonsumsi oleh publik atau tidak.

Agar sebuah perusahaan dapat mencapai CIM secara penuh, perlu adanya sekumpulan kondisi tertentu yang harus dipenuhi. Kondisi-kondisi tersebut meliputi:

1.Kesadaran bahwa keunggulan kompetitif dapat dicapai melalui sumber daya.

Para eksekutif perusahaan dan manajer lain yang terlibat dalam perencanaan startegis memahami bahwa mencapai keunggulan atas para pesaingnya dengan mengelola arus informasi.

2.Kesadaran bahwa jasa informasi salah suatu area fungsional utama

Struktur organisasi mencerminkan bahwa jasa informasi sama pentingnya dengan area bisnis utama lain,seperti keuangan dan pemasaran.

3.Kesadaran bahwa CIO(Chief Information Officer) adalah eksekutif puncak

CIO memberikan kontribusi,jika memungkinkan, pada pemecahan masalah yang mempengaruhi seluruh operasi perusahaan,bukan hanya operasi jasa informasi. Kesadaran ini paling mudah ditunjukan dengan menyertakan CIO dalam komite eksekutif.

4.Perhatian pada sumber daya informasi perusahaan saat membuat perencanaan.

Saat para eksekutif terlibat dalam perencanaan strategis untuk perusahaan, mereka memperhatikan sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan strategis.

5.Rencana Stategis formal untuk sumber daya informasi

Terdapat sebuah rencana formal untuk memperoleh dan mengelola sumber daya informasi. Sumber daya itu harus mencakup yang berada pada era pemakai maupun jasa informasi.

6.Stategis untuk mendorong dan mengelola end-user-computing

Rencana stategis untuk sumber daya informasi membahas cara membuat sumber daya informasi tersedia bagi para pemakai akhir, sambil tetap mempertahankan pengendalian atas sumber daya tersebut.

Kondisi diatas tidak terpisah tetapi bekerjasama secara terkoordinasi.

Model dari Manajement Sumber Daya informasi(IRM) adalah:

1.Lingkungan perusahaan

Delapan elemen lingkungan memberikan latar belakang untuk mencapai keunggulan kompetitif. Para eksekutif menyadari perlunya mengelola arus sumber daya sebagai cara untuk memenuhi sejumlah kebutuhan elemen-elemen lingkungan pasar yang kompetitif.

2.Eksekutif Perusahaan

CIO disertakan disertakan dalam kelompok eksekutif yang mengarahkan perusahaan menuju tujuannya. Salah satu aktivitas kunci kelompok ini adalah perencanaan strategis.

3.Area Bisnis

Jasa informasi disertakan sebagai suatu area bisnis utama, dan setiap area bersama-sama mengembangkan rencana-rencana strategis yang mendukung rencana strategis perusahaan. Salah satu dari rencana fungsional ini adalah rencana strategis sumber daya informasi, yang dipersiapkan oleh jasa informasi dengan bekerja sama dengan area bisnis lain.

4.Sumber Daya Informasi

Rencana strategis sumber daya informasi yang menggambarkan bagaimana sumber daya informasi akan diperoleh dan dikelola. Sebagian sumber daya ini dipusatkann dalam jasa informasi, dan sebagian didistribusikan diseluruh perushaan dalam pusat-pusat informasi dan area-area pemakai.

5.Pemakai

Data dan informasi mengalir antara sumber daya informasi dan para pemakai. Sebagian pemakai ikut serta dalam end-user computing.

Materi dari Blog Ini diambil dari buku SIM karya Ramon Mc.Load

No comments:

Post a Comment