Tuesday, October 5, 2010

Jurnal JarKom Lanjut**

Macam-Macam Teknologi Akses Internet

Di zaman sekarang ini, seseorang sudah tidak lagi kesulitan untuk masuk ke dalam dunia maya(internet),berbeda dengan 10 tahun terakhir ini dimana biaya untuk akses internet terasa sangat mahal.

Ada beberapa teknologi yang diterapkan oleh beberapa perusahan penyedia layanan internet di rumah. namun sebelum itu,kita liat dahulu cara kerja dari sebuah modem yang merupakan perangkat untuk akses internet, ==>Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
==>Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.

Modem Eksternal

Modem Internal

berikut ini saya coba menjelaskan jenis,kelemahan dan konsep teknologi yang diterapkan oleh masing-masing teknologi akses internet tersebut:

1. Modem ADSL
(Asymetric Digital Subscribe Line)
memungkinkan berselancar internet dan menggunakan telepon analog secara berbarengan. Caranya:
untuk ADSL diberikan sebuah alat yang disebut sebagai Splitter atau pembagi line. Posisi Splitter ditempatkan di depan ketika line telepon masuk. Artinya anda tidak boleh mencabangkan line modem untuk ADSL dengan suara secara langsung. Alat Splitter berguna untuk menghilangkan gangguan ketika anda sedang menggunakan ADSL modem. Dengan Splitter keduanya dapat berjalan bersamaan, sehingga pengguna dapat menjawab dan menelpon seseorang dengan telepon biasa. Di sisi lain, pengguna tetap dapat terkoneksi dengan internet melalui ADSL modem.

Kelemahan ADSL:
Kecepatannya tidak stabil, karena kebanyakan teknologi ini berbagi bandwith sehingga kecepatan 512Kbps dapat dibagi menjadi 20-an user.

2.Kabel Modem
Tehnologi kabel modem menawarkan akses kecepatan-tinggi untuk internet dan service jaringan dunia luas. Jaringan kabel data menggabungkan elemen yang penting untuk kemajuan teknologi moden yang akan datang dan menyediakan beberapa keuntungan seperti kerahasiaan, keamanan, jaringan data, akses internet dan ciri quality-of-service. Jaringan arsitektur end-to-end memungkinkan pengguna kabel modem untuk menyambung ke CMTS, in turn, menyambung ke pusat regional data untuk akses ke service internet. Demikianlah, melalui sistem dari sambungan jaringan, jaringan kabel data memungkinkan pengguna dihubungkan ke pengguna yang lainnya dimanapun didalam jaringan global.

Keuntungan
- Menggunakan infrastruktur yang sudah ada, khususnya yang sudah berlangganan TV Kabel.
- Penyebarannya melalui Point to Multipoint sehingga biaya operasionalnya murah

Kerugian
- Harus berlangganan TV Kabel
- Karena menggunakan metode bandwith sharing, maka kecepatannya menjadi tidak stabil.
- Kalau jaraknya terlalu jauh dari sentral, maka seringkali sambungannya terputus.


3.ISDN

Suatu sistem telekomunikasi mana layanan antara data, suara dan gambar diintegrasikan ke dalam suatu jaringan, yang menyediakan konektivitas digital ujung ke ujung untuk menunjang suatu ruang lingkup pelayanan yang luas. Para pemakai ISDN diberikan keuntungan berupa fleksibilitas dan penghematan biaya, karena biaya untuk sistem yang terintegrasi ini akan jauh lebih murah apabila menggunakan sistem yang terpisah.


Topologi jaringan ISDN

Kelebihan:
1. ISDN menawarkan kecepatan dan kualitas tinggi dalam pengiriman data, bahkan 10 kali lebih cepat disbanding PSTN
2. Efisien. Delam satu saluran saja dapat mengirim berbagai jenis layanan (gambar, suara, video) sehingga efisien dalam pemanfaatan waktu
3. Fleksibel. Single interface untuk terminal bervariasi
4. Hemat biaya. Hanya membutuhan satu terminal tunggal untuk audio dan video

Kelemahan:
kurangnya bandwith. Sebagai komunikasi masuk akses rata-rata basic 144 kbps adalah lebih rendah daripada jaringan area lokal yang ada, yang beroperasi pada kira-kira 10 Mbps dan segera setelah itu 100 Mbps.

Komponen:
Sistem ISDN terdiri dari lima buah komponen terminal utama yang bertugas untuk menjalankan proses layanannya, yaitu terminal Equipment, terminal Adapter, Network Termination, Line Termination, dan Local Exchange.

nah sekarang kita sudah tahu jenis-jenis teknologi yang digunakan,bagi kita yang suka berselancar internet di rumah, kalian bisa memilih penyedia layanan yang menawarkan teknologi yang kalian sukai.
SIlakan memilih ya ^_^

No comments:

Post a Comment