Sunday, October 31, 2010

E-Commerce dan E-Business

Banyak bagi kita yang sudah tidak asing lagi dengan istilah E-Commerce, karena Teknologi yang telah berkembang pesat ini membuat E-Commerce menjadi ikut-ikutan “naik daun”. Definisi dari E-Commerce itu sendiri berbeda-beda namun pada intinya E-commerce itu melibatkan lebih dari 1 purasahaan untuk melakukan perdagangan melalui jaringan internet. Ada 2 jenis perusahaan yang melakukan bisnisnya diinternet, jenis yang pertama ialah perusahaan yang hanya menjual barang-barang ataupun jasa layanan hanya khusus di internet saja dan jenis yang ke dua ini ialah perusahaan yang selain berjualan di internet tetapi juga berjualan di dunia nyata atau memiliki toko.

Banyak perusahaan yang pada awalnya hanya berjualan di toko miliknya namun setelah mencoba dengan melebarkan sayap di internet, membuat perusahaan tersebut memutuskan lebih memilih berjualan di internet karena segala keuntungan yang dapat diperoleh. Berikut ini Perbedaan Proses Manual dengan E-Commerce;


Dari kedua gambar diatas ini jelas memiliki perbedaan, dimana pada proses E-commerce terjadi penghematan pengeluaran maksudnya jika pada proses manual kita membutuhkan banyak orang untuk memproses data pesanan maka pada E-commerce, kita tidak perlu memperkerjakan banyak orang karena yang memesan barang dan menginputnya ke database pemesanan adalah pelanggan itu sendiri dan kemungkinan kesalahan dalam penginputan datapun relatif sedikit, penggunaa kertas untuk mem-print dokumen fax pun tidak terlalu dibutuhkan serta berbagai keuntungan lainnya.

Jika di simpulkan bahwa E-Commerce memiliki kelebihan sebagai berikut:

1.Perusahaan dapat menjangkau pelanggannya sampai kepelosok dunia tanpa adanya batasan lokasi.

2.Meningkatkan Pendapatan dan mengurangi pengeluaran yang mungkin seharusnya untuk membayar gedung sewa toko namun dengan menjual melalui internet tidak perlu dilakukan

3.Konsumen tidak perlu mengantri di toko selama berjam-jam karena dengan belanja di situs E-Commerce, pembeli hanya menggunakan komputernya untuk mencari barang yang dibutuhkan.

4.Konsumen bisa langsung membandingkan harga barang dari satu situs E-com ke situs lainnya, sehingga dapat memberi keuntungan bagi pelanggan.

Jenis-Jenis E-commerce:

1.B2B(Business to Business)

Jenis ini dilakukan oleh perusahaan dengan perusahaan. Jenis ini biasanya dilakukan untuk melakukan kerjasama dagang yang saling kebergantungan.

2.B2C(Business to Customers)

Jenis ini yang paling dekat dengan kita dan sering kita jumpai karena jenis ini merupakan perdagangan antara si perusahaan atau toko kepada pelanggannya langsung. Contoh dari jenis ini ialah bhinneka.com (indonesia) dan amazon.com (amerika).

3.C2C(Customers to Customers)

Jenis ini kadang disebut sebagai person to person dan merupakan transaksi perdagangan antara konsumen dengan konsumen, biasanya transaksi ini terjadi karena adanya pihak ketiga yang mempertemukan antara si konsumen yang ingin menjual barang dengan si konsumen yang ingin membeli barang. Ada situs yang tugasnya untuk mempertemukan antara konsumen dengan konsumen dan untuk proses pembayarannya dilakukan berdasarkan kesepakatan 2 belah pihak.contoh situsnya adalah www.ebay.com

4.C2B(Customers t Business)

Jenis ini memungkinkan konsumen untuk menjual barang milikinya ke sebuah perusahaan. Dalam hal ini internet dijadikan sarana negosiasi. Contoh situs yang menjadi sarana bertemunya konsumen dengan perusahaan adalah www.priceline.com



E-Bussines

E-Bussines sebenarnya hampir sama dengan pengertian dari E-Commerce, hanya saja E-Business memiliki ruang lingup yang lebih luas dari E-Commerce. Definisi dari E-Business adalah sebagai penggunaan teknologi internet untuk menghubungkan dan memperkuat proses-proses bisnis, perdagangan elektronik(E-Commerce), dan komunikasi serta kolaborasi antara sebuah perusahaan dengan para pelanggan, pemasok, dan mitra kerja bisni elektronik. Berikut ini gambar yang memnghubungkan antara E-Commerce dengan E-Business.


Kalau diibaratkan E-Commerce adalah proses perdagangannya maka E-Business adalah inti yang memproses segalanya. Namun dapat diketahui bahwa sebuah situs E-Commerce belum tentu melakukan atau memiliki E-Business namun E-Business sudah pasti E-Commerce.

Aplikasi komunikasi dan kolaborasi perusahaan digunakan untuk memperlancar komunikasi antara para pegawai, mitra kerja serta konsultan yang terlibat dengan project yang sedang berlangsung. Aplikasi yang dapat digunakan diataranya iaah:

1.Surat elektronik

2.Video Conference

3.Audio Conference

4.Chat(Sistem percakapan Tertulis)

5.Voice Mail

Aplikasi Perdagangan internet digunakan untuk mendukung kegiatan pembelian dan perdagangan barang atau jasa melalui internet.

Aplikasi bisnis internal digunakan untuk mendukung kegiatan,proses dan operasi bisnis yang bersifat internal. Contoh aplikasi ini ialah menggunakan intranet,extranet atau internet untuk mendukung EIP.

Contoh perusahaan yang menerapkan ini ialah www.oto.co.id

note:gambar dari artikel ini sadur dari materi kursus di LePKom E-Commerce.

By:Juwita Stephani

No comments:

Post a Comment