Wednesday, September 21, 2011

Pengalaman gak akan Terhapuskan oleh waktu

Postingan kali ini mengenai pengalaman aku mengenai magang yang aku jalanin dari juli 2011- september 2011 (wah tinggal bentar lg selesai :D). begini ceritanya.
Awalnya, aku lihat di studentsite.gunadarma.ac.id ada penerimaan program Co-Op Telkom 2011, dimana dengan mengikuti program itu, kita akan dibimbing untuk belajar sekaligus bekerja. Ok sepertinya MENARIK dan akhirnya aku coba ngelamar dan pas saat ngelamar, ka hanum selaku panitia penerimaan untuk univ gunadarma bilang kalo ini ada 2 tahap testnya ya, kalo lolos administrasi kampus,berkas kamu bakal dikirim ke Telkom untuk mengikuti test selanjutnya, saat penyerahan berkas itu, aku tanya2 ke dia karna dia juga dulu adalah anak magang program Telkom Co-Op 2008,
dan dia blg kalo kamu lolos adminstrasi kampus dan diterima bakal di ambil gak ni?? soalnya kampus bisa malu kalo mahasiswanya ketrima tapi gak di ambil peluang itu. Yahhh dengan lugu aku jawab, iya kak kalo ktrima ya di ambil lah kan udah daftar masa gak niat ambil.
Setelah sekian lama ya kira2 2mingguan, tiba2 ada telpon dari Univ Gunadarma kalo aku lolos administrasi dan disuruh test sesuai waktu dan tanggal yang ada di email. pas lihat tanggal testnya yang jatuh hari jumat dan di minggu tersebut aku lagi kursus Full 1 minggu mengenai Oracle:Sql and PL/SQL, muncullah DILEMA karena hari jumat ada ujian kursus tersebut dan setelah bertanya2 sama ka hanum gmn solusinya, ya dia blg coba hub panitia Telkomnya langsung. dan ternyata di email tersebut ada test hr sabtu juga tapi untuk Univ lain, ya dengan keberanian aku telpon panitianya untuk izin test hari sabtu dan ternyata diizinkan.
Dengan bermodalkan keyakinan, akhirnya aku berangkat untuk test, rasanya bener2 seperti orang OON deh pas nyampe disana karna gak ada temennya tp daripada sendirian gtu jadi aku SOK akrablah sama mhs dari Univ lain. Testnya dilakukan satu hari, pertama kita mendengarkan penjabaran singkat mengenai Telkom itu seperti apa dan maksud Telkom Co-Op itu bagaimana( materi presentasinya simple sih :D ) kemudian setelah itu kita di pindahkan keruangan terpisah dan karna aku sendirian dr Univ Gunadarma jd aku digabung sama mhs BiNus, rasanya bener2 Grrrrrrrrrr dehhh.. di ruangan tersebut, kita diberi soal b.ing yang isinya-->> OH TIDAKKK<-- mengenai produk2 telkom (Zzzz bener2 diluar dr materi presentasi tadi) yah drpd g diisi, isinya sesuai keyakinan hati aja deh krn dah pasrah gak ktrima jg gpp. setelah itu kita dikasih makan siang(Baik yahh :)) tp pas diliat makanannya adalah nasi yg dimasak didalam bambu itu(ntah apa nama'a) rasanya makin Grrrrrr aja. tp tetep semangatlah kz masih ada 2 test lagi yaitu Debat dan Wawancara.
Aku jelasin yg wawancara aja ya koz ini bagian serunya, saat diwawancarai ternyata benar dugaan aku bahwa No Hape akan di bahas, yuppp itu benar. krn no hape aku itu adalah Indo**t jd mereka bilang, gmn nii katanya mau magang di Telkom tp no hapenya aja produk negara lain. Kita tuh harus mencintai produk dalam negeri(ehmm pengen bgt ngebantah klo produk dlm negeri knp tarifnya mahal gtu ??? tp ga enk blg'a kz ini kan kepentingan aku), dan aku ditanya kalo diterima mau gak no hapenya di ganti jd produk telkom?? yah lagi2 jawabnya sok suci, pasti pak, malah abis ini bakal diganti dahh(Spiikkk hhehehe). trus dia tanya ada gak perusahaan lain yang menawarkan program kaya gni?? dengan jujur aku jawab, ada pak itu perusahan Indos*t juga nawarin program ky gni, trus dia blg "ya itu kan pasti karna kampus kamu punya kerjasama bisnis", dan aku jawab "iya sih pak kz untuk penyedia layanan Internet, Univ Gunadarma memakai provider Indos*at", eh tp pas aku pikir2 jgn2 UNiv Gunadarma di undang untuk ikut Co-Op telkom krn modusnya sama lagi kayak si Indosa*t kz Univ Gunadarma juga memakai Telko***l sebagai penyedia jasa internet. ternyata di dunia ni gak ada yang tulus yahhh..
Setelah selesai test, aku berharap diterima tp sambil ada perasaan Hopeless, selama itu aku jalani hidup seperti biasa dan suatu waktu tiba2 ditelpon dr perusahan Erasoft untuk test (Haaaa perasaan ni lamaran dah lama aku kirim tp kenapa br sekarang dipanggilnya #sambil mengerutuuu ) setelah berunding ma ayah, jd aku beranikan dirilah untuk ikut test tersebut dan ttp sendirian pdhl waktu daftar, aku brg ma 2 tmn aku tp usut punya usut ternyata mereka dipanggil belakang 1 bln setelah aku, pas tanya2 sama managernya siapa aja mhs yang dipanggil untuk ikut test dan ternyata ada nama yang aku kenal yaitu Destri, Oke gpp drpd sendirian jd aku hub dia untuk ketemuan di halte busway Harmoni biar brg2 ke kantornya, sekilas mengenai destri, dia adalah temen aku satu Lab (baca: LePKom) di Univ Gunadarma dan kita dah saling kenal sejak masuk di semester 3 tp sayang kita berbeda lokasi kuliah yaitu dia di depok dan aku di kalimalang (tp tenang komunikasi ttp lancar kooww hehhehe). tenyata dia juga bawa 2 teman yg bakal brg2 testnya (asikkk nambah 2 teman baru) namanya weni dan 1lg aku lupa hhehehe,,
Oke waktunya berangkattt,,,,,,,,,,,, gak disangka lokasi kantornya JAUHHHHHHHH BGTT dari halte busway( lama2 makin bekonde dah ni betiss :( ) dan setelah penuh perjuangan akhirnya sampelah, disana kita langsung dikasih soal essay gtu,, ya udah deh kita kerjain sendiri2.. abis itu kita mampir dulu ke carrefour Harmoni tuk cari makan n then we back to Home,, pas sorenya (masih 1 hari yang sama) tiba2 ditelpon dari erasoft kalo aku lolos test (Zzzz kok cepet banget ya hasilnya) pas ditanya siapa lagi pak yang lolos?? dia jawab cuma kamu doang,, Ehhmm ok, sambil cemberut krn gak bkl ada temen ni kalo gawe disana :(( , trus dia bilang kalo aku disuruh test wawancara langsung ma director-nya hr senin.
Tibalah hari senin, tenyata baru sadar peminat Busway arah Harmoni itu buanyaakkk bgt dan pas berangkat aku gak sarapan, jd pas dibusway akhirnya gak kuat diri dan hampir pingsan, tp drpd pingsan jd aku beraniin diri untuk tukar posisi sama penumpang yang duduk dan dia mauuu (asiikk aku terselamatkan :)) ) sampe disana ternyata ada sekitar 5 org(termasuk aku) yg mw wawancara dan mereka cowo semua lg, ada yg gendutt, kurus hingga sixpack, hehhhehhe, prosesi wawancara lancar dn directornya kasih tau salary yg didapat bila kerja disitu, okelah dn dia nanya "kpn dah siap kerja??" dan aku jawab kemungkinan tgl 5 Juli krn aku msh ada Ujian Utama di kampus, dan dia blg "Okey nanti tunggu konfirmasi dari manager saya dulu ya", siiplah pak, dn kebiasaan pun muncul yaitu sebelum pergi aku hrs ke WC dulu( heehhehe ) pas keluar dari pintu kantor tiba2 ada yang lari2 ke arah aku dan dia adalah cowo yang test wawancara juga, yah krn dia dah nyamperin dan ga ada temen pulang jd brg lah ma dia dan ternyata dia anak Univ Gunadarma juga tp semester 3 tp umurnya diatas aku krn dia sambil kerja katanya, selama perjalanan di busway, kita ngobrol banyak dehh ttg dunia kerja dan IT, dia di erasoft ngelamar jd IT Support walaupun awalnya di tawarin jd Programmernya tp dia blg lg fokus ke jaringan(wihhh keren deh liat cowo yg jago jaringan) dan dia langsung diterima kerja Loh dan besoknya langsung kerja disana (heeebaTT) :)) trs dia blg "km pasti ktrima kok disitu tenang aja",,ehmm yakin bgt dia -_-". Ok karena tujuan kita berbeda jd aku turun duluan di halte busway UKI,
Bulan juli pun segera tiba, dan ternyata aku diterima di Telkom Co-Op dan mulai kerja tanggal 5 juli, oh aku jadi kepikiran dengan yg di erasoft apakah aku juga diterima???/ bener2 gundah gulana, karna yg di erasoft belum pasti jd aku putuskan ambil peluang magang di Metra dan ternyata aku gak magang di Metra tp di anak cabangnya yang bernama Metranet(Baca plasa.com),

2 comments:

  1. Maaf , mau tanya apa akhirnya jadi kerja di PT Erasoft ? mohon sedikit infonya , terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Eki,

      aq gak jadi kerja di Erasoft krn mereka terlambat konfirmasinya. hehehehe

      Delete